Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Tukar

1. Inflasi

Jika inflasi di Amerika relatif lebih rendah daripada di tempat lain, maka ekspor Amerika akan menjadi lebih kompetitif dan akan ada peningkatan permintaan untuk USDollar untuk membeli barang. Juga barang asing akan kurang kompetitif dan warga Amerika akan membeli lebih sedikit impor.

Oleh karena itu negara-negara dengan tingkat inflasi yang lebih rendah cenderung melihat apresiasi dalam nilai mata uang mereka. Misalnya, apresiasi jangka panjang di Jerman D-Mark pada periode pasca-perang berkaitan dengan tingkat inflasi yang relatif rendah.

2. Suku bunga

Jika suku bunga Amerika naik relatif terhadap tempat lain, itu akan menjadi lebih menarik untuk deposit uang di Amerika. Anda akan mendapatkan tingkat pengembalian yang lebih baik dari tabungan di bank-bank Amerika, karena itu permintaan untuk Sterling akan naik.

3. Perubahan saing

Jika barang Amerika menjadi lebih menarik dan kompetitif ini juga akan menyebabkan nilai tukar naik. Sebagai contoh, jika Amerika memiliki perbaikan jangka panjang dalam hubungan pasar tenaga kerja dan produktivitas yang lebih tinggi, yang baik akan menjadi lebih kompetitif secara internasional dan dalam jangka panjang menyebabkan apresiasi USD Dollar.

Iklan